CCC membuka jalan bagi para pelaku bisnis Kanada untuk memenangkan kontrak pemerintah di Indonesia


OTTAWA, Nov. 16, 2022 (GLOBE NEWSWIRE) -- Canadian Commercial Corporation (CCC) dengan bangga mengumumkan dua Nota Kesepahaman (MOU) yang akan membantu para eksportir Kanada yang telah memenuhi syarat untuk mendapatkan kontrak pemerintah di Indonesia. MOU merupakan kesepakatan formal yang memfasilitasi berbagai negara untuk menjalin kerja sama saling menguntungkan dalam berbagai proyek untuk menumbuhkan dan memperdalam hubungan bilateral.

MOU untuk pembangunan Bandara Hijau

Di sela-sela KTT G20 2022 di Bali, Indonesia, CCC menandatangani MOU dengan provinsi Kalimantan Utara untuk pembangunan Bandara Hijau. Konsep bandara ini merupakan bagian dari komitmen COP21 yang digagas oleh Indonesia untuk lebih mendongkrak perekonomian negara, sekaligus mengurangi emisi sebesar 31,9% pada tahun 2030. Bandara yang diusulkan akan menghubungkan 8 bandara lain serta memberikan akses langsung bagi industri akuakultur dan agrikultur setempat ke berbagai pasar internasional terkemuka.

Selain itu, CCC bekerja sama dengan Kedutaan Besar Kanada dan Trade Commissioner Service Kanada untuk membuka peluang lain terkait infrastruktur bandara di Indonesia.

MOU tentang ketahanan pangan, produk, dan layanan pertanian

Menjelang KTT G20, CCC juga telah menandatangani MOU dengan Kementerian BUMN Indonesia terkait produksi pangan. Hal ini bertujuan untuk mengatasi peningkatan kekhawatiran akan ketahanan pangan akibat invasi Rusia ke Ukraina dengan memberikan akses terhadap berbagai komoditas Kanada, termasuk tetapi tidak terbatas pada kalium, gandum, biji-bijian, kedelai, ditambah barang dan jasa pertanian lain yang mungkin dibutuhkan. MOU ini tidak akan menggantikan kontrak perdagangan yang sudah ada dan dimaksudkan untuk memberikan alternatif bagi pemerintah Indonesia untuk melakukan pengadaan dan menjalin kesepakatan untuk produk dan layanan di sektor ini.

Kontraktor Utama Internasional

Melalui kedua MOU ini, CCC akan menjembatani para pelaku bisnis Kanada ke Indonesia dan menawarkan jaminan kemudahan kerja sama dari Pemerintah Kanada. Sebagai bagian dari program Kontraktor Utama Internasional, CCC menandatangani kontrak antarpemerintah (G2G) yang memiliki implikasi hukum yang ditandatangani atas nama Pemerintah Kanada berupa jaminan kinerja kontrak.

CCC memiliki pengalaman langsung selama puluhan tahun dalam mengembangkan MOU dengan pembeli pemerintah yang memungkinkan kontrak antarpemerintah sejalan dengan undang-undang pengadaan nasional.

Jika Anda memiliki peluang internasional dan ingin mengetahui apakah MOU berlaku bagi transaksi potensial Anda, hubungi tim kami.

PETIKAN

“Berkat solusi kontrak Antarpemerintah dari Canadian Commercial Corporation, para eksportir Kanada yang memenuhi syarat di sektor infrastruktur dan agrikultur sekarang dapat menyajikan produk dan layanan berkelas dunia buatan Kanada dalam berbagai proyek besar di Indonesia. MOU tersebut akan memungkinkan kedua negara ini untuk melibatkan diri dalam ragam proyek strategis yang menguntungkan berbagai perusahaan dari belahan dunia berbeda tersebut.” - Mary Ng, Menteri Perdagangan Internasional, Promosi Ekspor, Usaha Kecil, dan Pembangunan Ekonomi.

“CCC bangga memajukan hubungan perdagangan antara Kanada dan Indonesia. MOU ini akan mendorong CCC untuk memfasilitasi para pelaku bisnis Kanada dalam membantu berbagai proyek strategis Kementerian BUMN, begitu juga pemerintah provinsi Kalimantan Utara.” - Bobby Kwon, Presiden dan CEO Canadian Commercial Corporation.

FAKTA SINGKAT

  • Indonesia menempati urutan kedua untuk investasi langsung Kanada di kawasan Asia Tenggara. Investasi langsung Kanada bernilai $2,2 miliar pada akhir tahun 2021.
  • Indonesia merupakan pasar ekspor terbesar Kanada di Asia Tenggara. Tahun 2021, perdagangan barang niaga bilateral Kanada-Indonesia bernilai CAD$4,2 miliar.
  • Kanada dan Indonesia membuka negosiasi untuk mencapai perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif tahun 2021 dan putaran ketiga negosiasi telah ditetapkan pada pekan 31 Oktober 2022.
  • Pemerintah Indonesia telah menggelontorkan dana sebesar US$423 miliar untuk program pembangunan infrastruktur selama 5 tahun terakhir dari rencana pembangunan nasional 20 tahun (2005 hingga 2025).
  • Pemerintah Indonesia juga telah membentuk Otoritas Investasi Indonesia (INA) tahun 2021 untuk berkolaborasi dengan para investor global dan domestik terkemuka di sektor-sektor penting termasuk infrastruktur.

TAUTAN TERKAIT

TENTANG CANADIAN COMMERCIAL CORPORATION (CCC)

Kami adalah lembaga kontraktor antarpemerintah Kanada. Kami membantu memfasilitasi hubungan komersial yang saling menguntungkan antara para pelaku bisnis Kanada dan pemerintah di seluruh dunia dengan menciptakan dan mendukung keberhasilan penyelesaian kontrak komersial untuk kepentingan publik dan nasional. Kami juga merupakan saluran resmi bagi perusahaan Kanada yang ingin berbisnis dengan militer AS. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kiprah kami dalam memfasilitasi perdagangan bernilai miliaran dolar antara para pelaku bisnis Kanada dan pemerintah di lebih dari 30 negara, kunjungi www.ccc.ca/en/

Foto yang mendukung pengumuman ini tersedia di https://www.globenewswire.com/NewsRoom/AttachmentNg/5948c6d8-fec4-4e7d-ae06-cca3ae4fc9ab

 

Coordonnées